Inspirasi Wanita Indonesia

Just another WordPress.com weblog

Tips Mengolah Pasta January 15, 2010

Tips Mengolah Pasta:


1. Gunakan panci besar yang mampu menampung sekitar 8 liter air. Semakin ringan bahan panci, semakin baik. Karena, air akan mendidih lebih cepat pada panci dengan bahan yang berat.

2. Rebus pasta dengan air yang sudah mendidih dan banyak. Perbandingannya 1,5 liter air untuk 100 gr pasta. Cara ini memungkinkan pasta mengembang sempurna dan tidak saling menempel.

3. Al Dente adalah istilah untuk pasta yang kenyalnya pas. Jadi, rebus pasta sampai tidak mentah tapi tidak terlalu matang sehingga terasa kenyal jika digigit.

4. Jangan mematahkan pasta jika tidak dapat masuk ke dalam panci secara utuh.

Jangan biarkan ujung pasta yang satu mencuat keluar hingga bagian yang di atas melunak, sekitar satu menit. Kemudian aduk untuk membalikkan bagian yang masih keras ke dalam air.

5. Pasta basah memerlukan waktu rebus 2-3 menit, untuk yang kering 8-10 menit. Kurang dari waktu ini biasanya pasta akan terasa mentah, jika lebih, pasta akan lunak dan kehilangan kekenyalan.

6. Tambahkan sedikit garam pada air rebusan agar cita rasa pasta lebih lezat.

7. Tambahkan sedikit minyak atau mentega supaya pasta tidak saling lengket.

8. Aduk pasta begitu memasukkannya ke dalam panci yang sudah terisi air. Lakukan terus selama proses memasak untuk mencegah pasta menempel ke dasar panci.

9. Tes kematangan pasta sekitar satu menit sebelum waktu yang ditentukan pada kemasan. Pasta kering seharusnya memang sudah masak, namun mungkin rasanya masih sedikit kenyal. Jika pasta menempel di dasar panci, biasanya karena sudah terlalu matang. Pasta segar akan naik ke permukaan air jika sudah masak. Warna pasta yang masak semestinya sama.

10. Jangan membuang seluruh air bekas merebus pasta. Sisakan secangkir sebelum membuang air untuk ditambahkan ke saus dan bumbunya.

11. Jangan membilas pasta yang sudah masak dengan air, karena dapat mengurangi cita rasanya. Selain itu, membilas juga membuat pasta menjadi dingin.

12. Menambahkan keju parut ke atas pasta biasanya membuat keju menggumpal-gumpal di satu bagian, sehingga terasa sangat asin. Cara lain untuk meratakan rasa keju adalah memarut keju di atas pasta sambil mengaduk dengan garpu.

13. Siapkan juga keju tabur di atas meja supaya suami atau Si Kecil bisa menambahkannya ke pasta sesuai selera. Pilih keju yang keras seperti Parmesan, Romano, atau Ricotta Salata.
Keju yang lunak dapat meleleh dengan cepat dan membuat saus menjadi creamy

14. Potong-potong keju sebelum menambahkannya ke adonan pasta, satu sendok makan setiap kali. Pilih keju jenis Ricotta, Blue Cheese, Feta, atau keju dari susu kambing segar.

15. Campur dengan saus pelengkap segera selagi panas. Cara ini lebih baik karena menjadikan saus lebih meresap, pasta tidak saling menempel dan lebih lezat tentunya.

Sumber : www.tabloidnova.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s