Inspirasi Wanita Indonesia

Just another WordPress.com weblog

Snack Praktis & Sehat Buat Ibu Hamil October 23, 2009

Filed under: Uncategorized — inspirasiwanita @ 3:44 am
Tags: , , , ,

Agar janin tumbuh dan berkembang dengan baik, para ibu hamil harus memilih kudapan yang kaya akan gizi. Berikut ini beberapa pilihannya.

Kudapan untuk ibu hamil memang harus dipilih dengan bijak. Jangan hanya menyantap hidangan yang mengenyangkan dan kaya kalori saja, agar tak hanya menambah berat badan sang ibu, tapi sekaligus memberi manfaat pada perkembangan janin.

Untuk itu, sebaiknya pilih kudapan yang kaya serat, berlimpah kalsium, dan banyak mengandung lemak sehat Omega-3. Serat banyak terdapat dalam buah, sayuran segar, dan polong-polongan seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang tolo.

Serat yang memberikan tekstur kasar pada bahan makanan merupakan jenis serat tak larut. Cincau dan buah-buahan tertentu seperti pisang dan pepaya, banyak mengandung serat larut, yang lazim disebut gelatin. Dengan cukup asupan serat, ibu hamil terhindar dari sembelit.

Asupan cukup kalsium membantu pertumbuhan otak janin dan kecerdasan anak kelak. Asupan kalsium yang cukup juga membantu menjaga tekanan darah ibu agar tidak melonjak.

Selain susu sapi, bahan makanan lain yang kaya kalsium adalah yogurt, ikan teri maupun ikan lain yang dimakan bersama tulangnya, serta sayuran daun hijau gelap. Dan selain minyak zaitun extra virgin, cukup banyak bahan makanan lain yang kaya akan lemak sehat Omega-3.

Di antaranya alpukat, kacang-kacangan (kenari, almon, kacang mete, kacang tanah), serta ikan. Lemak sehat memberikan manfaat sehat menjaga kadar kolesterol/ trigliserida sang ibu tetap normal dan membantu pertumbuhan otak sehat janin.

Buah Segar Untuk Ibu Hamil
Menyantap buah-buahan bisa membantu mengatasi rasa mual dan eneg pada sebagian ibu hamil yang mengalaminya. Manfaat lain, buah memasok sejumlah zat antioksidan dan vitamin C yang baik untuk kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Sejumlah zat antioksidan dalam buah, terutama likopen, lutein, dan betakaroten, meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan mengikat zat racun yang mungkin terasup bersama makanan-minuman maupun terhirup bersama tarikan napas.

Vitamin C dalam buah membantu penyerapan mineral, terutama zat besi dan kalsium. Kelancaran penyerapan zat besi penting bagi ibu hamil untuk memperlancar distribusi oksigen ke seluruh sel tubuh ibu maupun janin.

Selain itu, cukup mengonsumsi buah juga mempermudah penyerapan kalsium, yang diperlukan untuk pembentukan tulang bayi dan struktur kepala – yang akan menopang tingkat kecerdasan anak kelak.

Tingkat kecerdasan anak dapat dipupuk sejak janin jika penyerapan asam folat berjalan lancar, dengan cara mengasup cukup

vitamin C dari beragam buah-buahan segar. Untuk melengkapi kudapan buah, ibu hamil boleh menyantap yogurt yang bisa membantu memenuhi kecukupan kalsium.

Ketika hamil, ibu membutuhkan asupan kalsium lebih banyak untuk menunjang tumbuh-kembang struktur

tulang janin. Ada baiknya menambahkan sumber lemak sehat berupa minyak zaitun extra virgin maupun kacang-kacangan atau biji-bijian seperti almond, kenari, kacang mete, kacang tanah, wijen. Bahan tadi kaya akan lemak sehat Omega-3, terutama EPA dan DHA, yang berperan dalam penyusunan sel-sel saraf dan otak janin.

Sumber : www.tabloidnova.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s